Contoh Teks Anekdot Dalam Bentuk Monolog Terlengkap



Sebenernya udah mulai males ngetik tentang contoh teks anekdot, tapi berhubung banyak yang nanyain tentang teks anekdot monologi. Akhirnya saya mulai ngetik lagi bikin postingan anekdot ini. Ada beberapa contoh teks anekdot dalam postingan kali ini. Beruntunglah bagi anda yang sedang membuat tugas bahasa indonesia tentang contoh anekdot yang sudah saya siapkan dibawah. Silahkan di simak contoh teks anekdot monolog dibawah ini :

Contoh Teks Anekdot Dalam Bentuk Monolog Terlengkap

Busway atau bus Trans Jakarta?
Bus merupakan angkutan umum beroda empat atau lebih untuk memuat orang banyak. Ada berbagai jenis bus. Kalau di Jakarta ada yang namanya busway. Bus ini lewat di jalur khusus. Kendaraan lain tidak boleh melewati jalur tersebut. Yang jadi pertanyaan, busway itu nama bus atau nama jalurnya?

Sebenarnya nama bus yang saya maksud adalah bus Trans Jakarta. Namun, nama bus ini sering dipadankan dengan busway. Dengan kata lain, busway adalah nama lain bus Trans Jakarta. Padahal jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, busway berarti jalan untuk bus. Kata busway berarti merujuk kepada jalur yang dikhususkan untuk dilewati bus.

Masalah penggunaan jalur, bus selain bus Trans Jakarta tidak boleh melintas di jalur busway. Padahal busway adalah jalur bus. Lha wong namanya jalur untuk bus, masa ada bus selain bus Tans Jakarta yang lewat di situ tidak boleh?
Guru di Indonesia
Kalau dipikir-pikir, jadi guru itu enak, apalagi kalau sudah PNS. Mau mengajar atau tidak, gajinya tetap. Bahkan ada bulan di mana guru sama sekali tidak mengajar, tapi tetap digaji. Ironisnya, para siswa tetap harus membayar SPP. Itu terjadi kalau ada semesteran, satu minggu untuk ulangan, satu minggu untuk remidial, dua minggu sisanya liburan sekolah.

Guru kalau sedang malas mengajar atau tidak hadir, tinggal kasih tugas ke para siswa. Kondisi inilah yang disebut jam kosong. Banyak siswa yang senang dengan jam kosong. Mending kalau diberi tugas, kalau tidak ada tugas sama sekali? Kelas rasanya sudah seperti pasar. Seharusnya kalau jam kosong atau pulang cepat, para siswa merasa rugi. Coba bayangkan, sudah bayar SPP, tapi malah tidak ada yang mengajar.

Saya bingung dengan cara guru memberikan nilai di rapor. Siswa yang ulangan sering mendapatkan nilai 60 ke bawah, begitu di rapor nilainya 80, bahkan bisa 90 mungkin.

Saya juga bingung dengan guru yang melarang siswa menyontek, begitu ujian malah menyuruh para siswanya agar bekerja sama. Iya sih biar semua siswanya lulus, tapi nggak gitu juga kali.
Kota Metropolitan dengan Sungai yang Jernih
Ketika saya melancong ke kota metropolitan, saya mendapatkan sungai yang jernih dengan penuh sampah mengapung diatas sungai tersebut.
           
Dengan lamunanku yang begitu penuh arti, sejenak aku memikirkan tentang kota metropolitan itu seperti apa? Dan ternyata seperti inikah tampaknya. Kota yang padat penduduknya, ekonomi di kota tersebut juga tidak mencukupi, dan orang-orang bersinggah juga tidak mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan
           
Disinilah para penduduk mulai bermalas-malasan dengan menerima pendapatan yang tidak menentu. Keseharian mereka adalah bermalas ria, dan tidak menjaga kebersihan lingkungannya. Kota tersebut menjadi kumuh, kotor, dan layaknya gubuk tercebur dalam got. Bagaimana jadinya kalau terus-terusan seperti ini? Kenapa bisa jadi begini? Memangya sampai sebegitu tega manusia merusak sungai?
           
Sungai itu harus dilestarikan. Tetapi sekarang yang melintas di kawasan sungai tersebut bukanlah anak-anak kecil riang yang sedang berenang, ikan-ikan yang biasanya digunakan masyarakat sebagai lauk pauk, dan sampan. Melainkan sampah yang berserakan dan benda kuning yang misterius. Seharusnya, masyarakat lebih sadar akan menjaga kebersihan lingkungan. Bukannya enak-enakan atau santai-santai nongkrong di pinggir sungai sambil makan dan membuang sampahnya  ke sungai.
           
Agar alam sekitar ini menjadi yang lebih baik, usahakan kebiasaan keseharian masyarakat tersebut diubah dengan lebih giat lagi dan melakukan kerja bakti di kota tersebut.
SALAH SIAPA
Pagi sekali aku sudah datang di sekolah. Sampai di kelas, gembok masih mengunci pintu kelas. Akhirnya aku duduk di gazebo depan kelas.
           
Kulihat sekelilingku ternyata juga sama. Banyak anak yang sudah datang pagi untuk belajar ternyata harus menjadi anjing penjaga di depan kelas. Yah, banyak dari mereka yang hanya duduk-duduk sambil melamun.
           
Ya Allah......,kalau begini jadinya salah siapa??? Niat hati takut masih dikunci, jadinya datang telat. Eh, sudah diperkirakan belum bel tapi tetap saja harus di stop petugas palang pintu dan disuruhnya belok kanan. Jadi, pagi-pagi harus kerja bakti mencuci mukenah, shalat dhuha, dan mengaji. Tujuannya supaya yang telat dibukakan mata hatinya.

Esoknya, aku datang pagi sambil tersenyum dengan detergent di tanganku. Tujuanya, untuk jaga-jaga kalau-kalau ada semua warga SMA-ku telat jadi tidak perlu susah-susah cari detergent. Akhir-akhir ini aku jadi berangkat pagi agar detergent yang kubawa lebih bermanfaat untuk orang lain.
POLUSI YANG MENYESAKKAN DADA
Hari ini aku berangkat sekolah. Seperti biasa aku menggunakan sepeda roda duaku yang mungil bersama teman-temanku.
    
Di tengah jalan, aku terjebak lalu lintas yang padat. Dan sialnya, aku terjebak dibelakang sebuah kendaraan bermesin yang berhasil menutupi penglihatanku dengan kabut tebalnya yang berwarna abu-abu dan membuatku terbatuk-batuk.
    
Aku mulai berpikir "Andai saja di muka bumi ini polusi udara itu tidak ada, pasti akan nyaman dan udara pun menjadi sejuk". Namun kecil kemungkinan aku dan teman-temanku bisa merasakannya.
    
Andai cerobong mini itu tidak ada pasti di dunia ini tidak ada penyakit yang bernama asma. Dan tanpanya dunia ini pasti tidak akan terpenjara oleh polusi yang menyesakkan dada.
    
Bila mungkin di dunia ini ada tempat yang bersih tanpa kabut hitam yang membelengguku dan teman-temanku, pasti semuanya akan terbebas dari asap racun itu.

Wiedha Nurul FatimahDitulis Oleh : Wiedha Nurul Fatimah

Artikel Contoh Teks Anekdot Dalam Bentuk Monolog Terlengkap

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share dengan mengklik tombol share diatas.