Pengertian Teks Eksposisi dan Contoh Teks Eksposisi Terbaik



Pengertian Teks Eksposisi yaitu satu teks di mana untuk mengusulkan satu pendapat pribadi tentang suatu hal yang di dalamnya ada alasan-argumen untuk menguatkan suatu pendapat itu. Teks Eksposisi berbentuk Pendapat/Tesis yang dikuatkan dengan alasan-argumen yang logis serta kenyataan untuk menguatkan suatu pendapat. Eksposisi yaitu salah satu type pengembangan paragraf dalam penulisan yang di mana berisi ditulis dengan maksud untuk menuturkan atau memberi pengertian dengan style penulisan yang singkat, akurat, serta padat. Eksposisi yaitu salah satu type pengembangan paragraf dalam penulisan yang di mana berisi ditulis dengan maksud untuk menuturkan atau memberi pengertian dengan style penulisan yang singkat, akurat, serta padat. 

Pengertian Teks Eksposisi dan Contoh Teks Eksposisi Terbaik

Pengertian Teks Eksposisi adalah wacana yang memaparkan atau menjelaskan suatu hal. Olehnya itu, teks eksposisi dapat diartikan sebagai teks yang dibuat untuk memaparkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Atau, teks ekposisi bisa juga diartikan sebagai tulisan yang berusaha menerangkan atau menguraikan suatu pokok pikiran yang dianggap perlu untuk disampaikan kepada pembaca. Teks eksposisi digunakan untuk memaparkan suatu masalah atau pembicaraan secara terperinci.

Dalam menuliskan teks eksposisi, ada tiga syarat utama yang harus dikuasai, yaitu:

    Menguasai apa yang akan dituliskan
    Mampu menganalisis apa yang akan diungkapkan,
    Mampu mengungkapkan analisisnya secara jelas dan konkret melalui bentuk bahasa yang digunakannya.

Contoh Teks/Paragraf Eksposisi :

Kebersihan Lingkungan               
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan ada bermacam macam jenisnya. Lingkungan yang ada di sekitar kita misalnya adalah lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Kebersihan Lingkungan yang ada di sekitar kita adalah tanggung jawab kita sebagai penghuninya. Jika kita tidak merawat lingkungan tempat kita tinggal maka kita akan merasakan akibatnya nanti. Kebersihan lingkungan sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut.  
       
Kebersihan Lingkungan adalah salah satu hal yang wajib di suatu lingkungan, jika lingkungan kita kotor, kita akan merasa risih dan kurang konsentrasi. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan perlu dijaga. Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah misalnya membuang sampah di tempat sampah, tidak membuang sampah di kolong meja maupun di tempat lain selain tempat sampah dan melaksanakan tugas piket dengan sebaik baiknya. Sedangkan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah misalnya menyapu rumah dan halaman secara rutin, seusai makan piring langsung dicuci supaya tidak menumpuk dan menyebabkan bau yang kurang sedap. Membersihkan lingkungan harus dilakukan setiap saat karena jika kita menunda nunda, lama lama akan terasa malas melakukannya. Selain itu Kebersihan lingkungan bisa dijaga dengan Kerja bakti. Kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mengikuti program 3M untuk membasmi nyamuk nyamuk demam berdarah. 3M adalah mengubur, menguras, menutup.
         
Kebersihan lingkungan sangat diperlukan dan suatu hal yang wajib bagi suatu lingkungan. Jika Lingkungan kita bersih, kita akan merasa nyaman,tenang dan konsentrasi dalam melakukan berbagai hal. Tetapi jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan bisa mendapatkan penyakit. Jika kita konsentrasi, hasil yang kita capai biasanya lebih baik daripada saat kita tidak berkonsentrasi. Selain itu Kebersihan lingkungan perlu dijaga karena jika tidak akan menimbulkan berbagai penyakit. Contoh penyakit yang mungkin terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan lingkungan misalnya tipes, Demam berdarah, cacingan, Sakit kulit, Malaria, PES ataupun Leptopspirosis. Semua penyakit yang sudah di sebutkan tersebut bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu kita sangat memerlukan kesadaran tentang kebersihan lingkungan. Jika kita menjaga lingkungan dengan baik, lingkungan juga akan menjaga kita.

Peran dan Manfaat WTO
Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.
Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia.

World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota.

Dampak Negatif Aksi Mogok Buruh
Aksi mogok nasional buruh tidak hanya membuat perusahaan mengalami kerugian, tetapi juga membuat para investor asing merasa tidak nyaman. Bahkan beberapa investor sempat menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Dalam wacana dan dalam pembicaraan, ada investor yang komplain dan berniat untuk keluar dari Indonesia.

Aksi mogok nasional buruh tidak hanya membuat perusahaan mengalami kerugian, tetapi juga membuat para investor asing merasa tidak nyaman. Bahkan beberapa investor sempat menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Dalam wacana dan dalam pembicaraan, ada investor yang komplain dan berniat untuk keluar dari Indonesia

Aksi mogok nasional buruh ini banyak merugikan berbagai pihak. Baik buruh sendiri, pengusaha, investor, pemerintah dan masyarakat, karena situasi yang tidak nyaman. Bagi buruh, aksi yang mereka lakukan telah membuat sejumlah perusahaan tidak beroperasi. Sedangkan bagi pemerintah kerugian yang dialami adalah masalah stabilitas, sehingga bisa membuat para investor merasa trauma.

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi bisanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit ke dalam mengalami transisi pada ke dalaman lebih dari 600 km.

Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam, seperti Dam Karibia di Zambia, Afrika. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Terakhir, gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi

Kita bisa membedakan antara eksposisi panjang dan eksposisi pendek dengan membandingkan karangan di bawah ini,  karangan tersebut yang termasuk ke dalam karangan eksposisi pendek. Adapun pengertian eksposisi pendek  berupa petunjuk penggunaan alat tertentu, petunjuk penggunaan obat, petunjuk berjangkitnya penyakit, dan lain sebagainya.
 Itulah beberapa contoh teks eksposisi yang bisa saya berikan, kurang lebihnya mohon maaf. Silahkan di kopi paste tulisannya (jika bermanfaa). Terima kasih sudah berkunjung dan membaca pada blog ini...

Wiedha Nurul FatimahDitulis Oleh : Wiedha Nurul Fatimah

Artikel Pengertian Teks Eksposisi dan Contoh Teks Eksposisi Terbaik

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan di share dengan mengklik tombol share diatas.